Cara membuat jagung bertongkol banyak


Agar jagung bertongkol banyak diperlukan teknik bercocok tanam yang baik dan menggunakan metode tertentu. Banyak penjual bibit jagung yang menjanjikan tanamannya kelak akan bertongkol dua atau lebih. Namun pada faktanya kejadian tanaman jagung bertongkol lebih dari satu sedikit sekali.
Keuntungan jagung bertongkol banyak yaitu meningkatkan hasil panen dan efisiensi dalam bertani. Dilihat dari penampakan batang dan daunnya memang tanaman dengan tongkol banyak lebih tinggi dan besar dari pohon jagung normal. Batang jagung bertongkol banyak akan lebih besar dan kuat, sementara untuk daunnya kelihatan lebih panjang dan lebar.
Selain batang dan daunnya yang lebih besar, ternyata pada bagian bawah terdapat tonjolan-tonjolan akar yang keluar dari ruas batang jagung. Tonjolan yang keluar dari buku-buku ini tidak seperti akar yang ada dalam tanah, biasanya fisik akar jagung dalam tanah berupa serabut halus. Akar keluar dari ruas batang ini lebih besar dan berfungsi untuk pernapasan tambahan, dan juga sebagai akar tambahan bagi tanaman jagung.
Dari sejumlah penelitian menunjukkan dugaan bahwa akar ruas tersebut berkaitan dengan jumlah tongkol pada tanaman jagung. Semakin banyak akar dari ruas yang mencapai tanah maka tanaman jagung akan tumbuh lebih besar dan tinggi. Sebab transfer unsur hara dan nutrisi dari tanah terserap lebih banyak melalui akar jagung ditambah dengan akar ruas yang sudah ada di dalam tanah.
Untuk memaksimalkan fungsi dari akar ruas tersebut sebaiknya petani meniru cara penanaman bibit tebu. Yakni membuat lahan yang berparit-parit tidak terlalu dalam dan berair. Tanam bibit jagung di dalam parit-parit dangkal yang telah dibuat itu. Lalu amatilah perkembangan dari jagung hingga muncul akar pada ruas-ruasnya, setelah itu tambahkan tanah di batang utama tanaman jagung. Hingga akar dari ruasnya tertimbun dengan baik.
Setelah pembubunan tanah pertama tadi, maka tanaman jagung akan cepat tinggi. Untuk kedua kalinya saat akar dari ruas terlihat lagi segera timbun dengan tanah lagi. Di sinilah proses pembubunan kedua dilakukan. Tujuannya tetap seperti semula yakni memaksimalkan akar ruas untuk menyerap berbagai kebutuhan tumbuh kembang tanaman dari tanah.
Agar jagung bertongkol banyak juga ikuti dengan pemupukan yang baik dan teratur. Demikian info menambah jumlah tongkol jagung dan selamat bercocok tanam jagung.


Comments

Popular posts from this blog

1 kg jagung berapa buah

Cara menanam jagung di gelas aqua

Jenjet jagung